NO GOD BUT ALLAH . . .

اللهُ لآَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ...

Rabu, 23 Juni 2010

Konsep Hidup Anda Seperti Apa?

Apa gunanya sih konsep hidup itu?

Seberapa pentingkah untuk hidup kita?

Penting atau tidaknya, bergantung kepada diri kita masing-masing. Siapapun yang merasa ”ada sesuatu yang perlu dijadikan panutan” yang akan menghantarkannya pada perbaikan hidup, maka konsep hidup itu sangat diperlukan. Tapi kalau sebaliknya yah tentu saja, konsep hidup ini tidak penting!

Kalau kita bicara soal konsep hidup. Artinya kita akan bicara bagaimana CARA MERANGKAI. Ya merangkai! Karena itu adalah solusi dan jalan yang harus di tempuh jika kita ingin membuat suatu konsep tentang hidup kita sendiri.

Merangkai konsep hidup bukanlah perkara sepele. Sebab yang dirangkai adalah Cara Berfikir. Mental dan Kepribadian yang akan disesuaikan dengan jalan dari konsep hidup yang kita buat.

Bisa jadi cara berfikir anda bagus, sesuai dengan cara berfikir orang-orang sukses. Tapi mental dan pribadi anda tidak bisa mengimbangi. Maka konsep yang sudah anda buat belum tentu bisa berjalan. Begitupun kalau mental anda sudah ”berani gagal” dan pribadi anda bisa berempati dan mendukung untuk sukses. Tapi tanpa diimbangi dengan cara berfikir cerdas, maka hasilnya juga akan timpang.

Jadi solusinya sebenarnya, bagaimana kita merangkai ketiga elemen itu agar bisa proporsional dan saling mendukung. Terikat satu sama lain. Sehingga kita bisa memiliki perpaduan diri yang mantap.maka jadilah Konsep Hidup yang ideal milik kita sendiri.

Sekarang, bagaimana ukuran dari ketiga elemen itu yang tepat kita gunakan. Diambil darimanakah bahan baku itu? Tentu saja, bahan mentahnya sudah kita miliki, yaitu diri kita sendiri. Tinggal kita memolesnya saja agar memiliki ciri khas, bahwa itu konsep hidup miliki kita.

Kita perlu memetik cara-cara berfikir orang-orang yang sudah sukses. Cara berfikir simple, produktif dan ekonomis misalnya. Kita bisa petik mental beraninya orang-orang sukses dan kita bisa mengadopsi kepribadian yang elegan, empati dan bisa bergaul dengan cepat. Dan cara-cara lain yang menurut pandangan obyektif kita, itu bagus.

Artinya resep hidupnya sudah ada diluaran, kita juga sudah memiliki bahan mentahnya, tinggal diolah sedemikian rupa agar menghasilkan sajian karakter yang bisa mendukung target kita untuk menjadi orang yang tepat guna. Sesuai dengan rangkaian konsep hidup yang kita idamkan.

Masalah yang mungkin timbul adalah terjadinya distorsi ketika kita akan merangkai ketiga elemen tadi. Cara berfikir, Mental dan kepribadian. Siapapun yang ingin mendapatkan konsep hidupnya, maka kuncinyaa adalah kemampuan mengakurkan ketiga elemen tadi. Jika gagal disitu, maka konsep hidupnya tak akan diraih.

Bisa jadi ada sebagian, tapi sebagian lagi menguap karena adanya distorsi tadi. Hasilnya tentu tidak maksimal. Dan ini semua bisa diselesaikan dengan waktu. Perjalanan waktu akan membuat kita perlahan bisa meleburkan semua itu.

Kesimpulannya, konsep hidup itu sebenarnya sederhana. Cuma menuntut keahlian merangkai cara berfikir, mental dan kepribadian saja. Siapapun yang berhasil meleburkan itu dalam karakter diri yang utuh, maka dia berhasil mendapatkan konsepnya. Manfaatnya. tentu saja untuk kebahagiaan diri.

Ok, kalau menurut anda konsep hidup itu seperti apa dan apa konsep hidup anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar